Berikut Daftar Konsol Gim Lama dan Termahal di Dunia

Setiap pemain game konsol video gim pastilah mengetahui bahwa harga konsol tersebut tidaklah murah. Tetapi nyatanya beberapa konsol terbaru justru lebih terjangkau dibandingkan dengan konsol yang telah lama.

Seperti dilansir oleh Ringke Rearth EC Store Jakarta Shopee dari Huffington Post yang menyusun daftar konsol gim terbaru dan lama dan menampilkan harga dari konsol tersebut yang telah disesuaikan dengan inflasi.

Ternyata konsol gim lama yang termahal adalah Neo Geo yang dirilis pada tahun 1990 seharga US$ 1.179 ataupun sekitar Rp 15,5 juta. Meskipun pertama sekali dirilis pada tahun 1990, Neo Geo sendiri masih mendukung gim lama hingga pada akhir tahun 2014 dan gim terakhirnya adalah Samurai Shodown V Special.

Di urutan runner up bertenggar 3DO yang diperkenalkan pada tahun 1993 dengan harga US$ 1,149 ataupun Rp 15,1 jutaan. Kemudian di posisi ketiga terdapat konsol yang dibuat oleh Intellevison yang dikeluarkan pada tahun 1979 seharga US$ 980 atau Rp 12,9 jutaan.

Dari grafik di atas memperlihatkan bahwa sistem Nintendo juga memiliki nilai yang cukup bagus, tetapi Nintendo malah berada di bawah daftar. Misalnya saja Nintendo NES yang dikeluarkan pada tahun 1986 hanya diberandol dengan harga US$ 441 ataupun sekitar Rp 5,8 juta.

Hal ini disebabkan karena perusahaan terlalu foksus kepada gim seperi “Mario Kart” dan “Super Smash Brothers”. Dengan hasil ini maka dapat dikatakan Nintendo berhasil meraup keuntungan dari gim dan device pendukung buatannya sendiri. Tetapi banyak gamer yang berpendapat sistem Nintendo tampak usang pada saat dirilis. Contohnya saja dalam hal spesifikasi, Nintendo Wii U dinilai malah ketinggalan dibandingkan dengan Sony Playstation 3 dan Xbox 360. Nintendo Wii U secara menyeluruh kurang mengesankan jika dibandingkan dengan  PlayStation 4 dan Xbox One.

You may also like