Mengapa Chromebook Tidak Populer di Indonesia

Perangkat notebook Chromebook dari Google memang sudah hadir sejak tahun 2011 lalu. Tetapi, mengapa perangkat berbasis pada sistem operasi yang dirilis Google itu tak terdengar kiprahnya di Indonesia?

Menjawab hal tersebut, Herbert Ang, sebagai President Director Acer Indonesia menuturkan bahwa faktor infrastruktur di Indonesia yang belum siap untuk menerima produk ini ternyata menjadi faktor perangkat tersebut tak begitu diminati oleh masyarakat Indonesia.

“Seperti kita tahu, beberapa aplikasi ataupun software dari Chromebook sangatlah bergantung pada koneksi internet. Sementara, kendala yang kita ketahui di Indonesia ada di faktor infrastruktur (internet),” sebutnya saat ditemui di acara pengumuman dua belas produk terbaru Acer di Jakarta, pada Rabu (22/6/2016), kemarin.

Selain itu juga, penggunaan ChromeOS yang jelas sangat berbeda dari sistem operasi notebook pada umumnya menjadi faktor lainnya yang membuat perangkat ini tidak banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.
Acer sendiri sebenarnya juga sudah mulai mengeluarkan produk Chromebook ke pasar Indonesia sejak tahun 2014 lalu. Tetapi untuk saat ini pihaknya masih terus memperkenalkan perangkat ini canggih ini pada lebih banyak pengguna.

Namun, bukan berarti Chromebook tidak memiliki pasar tertentu di Indonesia. Menurut Herbert, laptop ini memang tidak banyak digunakan pada konsumen umum melainkan tetapi hanya untuk keperluan bisnis dan edukasi.
“Di AS sendiri saja, Google Chromebook memang lebih banyak digunakan untuk keperluan pendidikan oleh para siswa,” ujarnya.

Sebagai informasi saja, Acer saat ini juga baru saja memperkenalkan daftar terbarunya untuk notebook Chromebook dari Google, yakni Chromebook 14. Notebook ini akan hadir dengan bodi atau bentuk case yang dibalut metal 100%.

Dalam kesempatan ini, Ringke Rearth EC Store Jakarta Shopee juga mencatat keunggulan lainnya dari produk ini adalah kemampuan baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam dalam satu kali pengisian daya. Perangkat ini juga dilengkapi dengan Intel Celeron dual-core prosesor N3060 dan RAM 2GB.

You may also like