Tips Hemat Pemakaian Data di Smartphone Android

Sebagai pengguna smartphone, langganan akses data sudah merupakan hal wajib agar semua fitur yang ada di smartphone dapat maksimal digunakan. Tetapi semakin meningkatnya teknologi akses paket data di jaringan dari 3G menjadi 4G di Indonesia membuat beberapa pemakai secara tidak sadar boros dalam penggunaan akses paket data sehingga kuotanya akan lebih cepat habis.

Untuk pengguna smartphone Android yang ingin menghemat penggunaan kuota data dapat mencoba lima tips yang telah dicoba oleh Spigen EC Store Jakarta Shopee berikut ini:

Gunakan Peramban Chrome

Menjelajahi Internet merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Agar tidak banyak menghabiskan kuota data, maka Anda dapat menggunakan peramban Google Chrome yang mempunyai fitur canggih yaitu Chrome Data Saver.

Fitur ini dapat mengurangi konsumsi data karena mampu melakukan kompresi data secara otomatis sewaktu masuk ke smartphone tentunya ini dapat menghemat penggunaan data. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat masuk ke dalam setting Chrome lakukan centang opsi Data Saver ke posisi on.

Matikan Opsi Sinkronisasi

 Mematikan sinkronisasi akun adalah salah satu cara untuk menghemat penggunaan data. fitur ini sebenarnya diaktifkan juga membiarkan aplikasi secara otomatis melakukan sinkronisasi data sehingga tentunya dapat menghabiskan kuota data jika dibiarkan.

Matikan opsi ini dengan mengatur akun Google Anda dan masuk ke opsi Akun untuk mematikan sinkronisasi terhadap Calendar, Dokumen ataupun Google Drive. Setelah mengatur akun Google Anda, maka dapat pula dilakukan untuk sinkronisasi terhadap aplikasi lainnya jika memang ada.

Atur Limit

Google telah merancang Operating Sytem dengan fitur agar pengguna dapat memantau penggunaan datanya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan dan memilih opsi Penggunaan Data. Aktifkan opsi Setel Batas  Data Seluler atau Set Cellular Data Limit. Perhatikanlah informasi berupa grafik yang ada di bawahnya. Gunakan garis horizontal dengan cara digeser untuk mengatur konsumsi paket data Anda.

Sebagai contoh jika Anda menggunakan paket data sebesar 2 GB. Maka aturlah garis tersebut ke posisi 2 GB. Sehingga Anda dapat melihat akses penggunaan data sehari-hari dan nantinya akan diberi notifikasi jika paket data sudah mendekati batas yang telah ditentukan sebelumnya.

Update Aplikasi Hanya Melalui WIFI

Aplikasi yang ada di dalam smartphone dalam kurun waktu tertentu akan memerlukan pembahuan. Banyak orang yang tidak tahu bahwa pembaharuan aplikasi dapat dilakukan hanya lewat WIFI untuk menghemat paket kuota data.

Hal yang harus dilakukan adalah masuk ke dalam Google Play Store kemudian memilih opsi Setelan dan di bagian opsi Perbarui aplikasi secara otomatis dapat memilih Perbarui Secara Otomatis hanya melalui WIFI. Dengan pengaturan seperti ini, maka update aplikasi hanya dapat dilakukan jika Anda terhubung ke WIFI saja.

Gunakan YouTube secara Offline

Selain surfing di Internet, menonton video di YouTube juga akan menyedot kuota data. Tetapi saat ini YouTube telah mempunyai fitur offline yang artinya Anda dapat memilih video tertentu yang diinginkan untuk ditonton tanpa harus mengorbankan paket data.

Caranya jika Anda terhubung ke jaringan WIFI. Buka aplikasi YouTube dan pilih video yang akan ditonton. Kemudian pilihlah opsi tanda panah ke bawah dan pilih tambah video offline. Setelah tersimpan, pilih opsi pengaturan dan di bagian opsi offline video maka video ini dapat dilihat kapan saja tanpa harus menghabiskan kuota data dan Anda bahkan dapat tetap menonton video tersebut saat mengaktifkan mode pesawat.

Selamat Bereksperimen!

You may also like